Kolitis ulseratif.pdf

>> Download Kolitis ulseratif.pdf


>> Read Online Kolitis ulseratif.pdf













Kolitis ulseratif (UC) dan penyakit Crohn (CD) adalah gangguan inflamasi menahun pada saluran pencernaan, yang berbagi fitur yang cukup untuk memungkinkan dideskripsikan secara umum dengan istilah kolektif Penyakit inflamasi usus (IBD). filexlib. Asuhan Keperawatan pada Penyakit Peradangan Intestinal: Penyakit Crohn dan Kolitis Ulseratif Kelompok 3 Kelas A3-A15. 2. Latar Belakang • Pada era kali ini, penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah penyakit yang sangat sering dijumpai. Biasanya penyakit sistem pencernaan pada masyarakat Indonesia memiliki prognosa yang buruk yaitu kolitis ulseratif, penyakit chorn dan bila sulit untuk membedakan keduanya maka dimasukkan dalam kategori Indeterminate Colitis (Djojoningrat, 2007). Gambar 2.2 Segmen usus pada penyakit IBD (Anonim, 2012). Macam-macam kondisi peradangan dapat menyebabkan perdarahan saluran cerna bagian bawah yang akut.
Gambar 6. CT enterografi pada wanita 55 tahun dengan kolitis ulseratif pankolon. Panah putih menunjukkan daerah yang mengalami penebalan dinding (Deepak & David2014) Gambar 7. CT scan transversal pada wanita 35 tahun dengan kolitis ulseratif dan toxic megakolon menunjukkan kolon transversus distended dengan mukosa yang kasar.(Ruedi & John, 2006)
Kolitis ulseratif merupakan kelompok penyakit yang termasuk dalam Inflammatory Bowel Disease (IBD) atau kolitis, bersamaan dengan Crohn's disease. Hingga saat ini penyebab kolitis ulseratif belum diketahui pasti, tetapi diperkirakan sistem imun, lingkungan, dan genetik berperan besar dalam patogenesis penyakit ini. [1,2]
Patofisiologi kolitis ulseratif berupa proses inflamasi pada kolon yang berhubungan dengan stimulasi berlebihan atau disregulasi sistem imun mukosal, gangguan produksi musin, dan infeksi bakteri. Disregulasi Sistem Imun Keseimbangan antara regulasi sel T efektor dalam mukosa terganggu.
Gejala Kolitis Ulseratif. Gejala kolitis ulseratif dapat bervariasi pada setiap pengidapnya, tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi peradangan. Meski begitu, gejala yang paling umum dapat di antaranya: Diare yang disertai darah, lendir, atau nanah. Nyeri atau kram perut. Sering ingin buang air besar, tapi tinja cenderung tidak dapat keluar. Kata Kunci: inflammatory bowel disease, penyakit Crohn, kolitis ulseratif, kronis. Abstract Inflammatory bowel disease (IBD) denotes a group of disorders characterized by chronic intestinal inflammation, the etiology of which is unknown. It includes Crohn's disease (CD) and ulcerative colitis (UC). The definitions of UC and
Pengertian Kolitis ulseratif merupakan salah satu jenis penyakit radang usus yang dapat menyebabkan peradangan jangka panjang dan timbulnya ulkus atau luka pada saluran cerna. Kolitis ulseratif memengaruhi lapisan terdalam dari usus besar dan rektum. Tanda dan gejala umumnya timbul secara perlahan.
atau penyakit Crohn, kolitis ulseratif dan sindrom usus rengsa (Morris, 2014). Diare adalah buang air besar (defekasi) dengan jumlah tinja yang lebih banyak dari biasanya (normal 100-200 cc/jam tinja), dengan tinja berbentuk cair/setengah padat, dan disertai dengan frekuensi yang meningkat (lebih dari 3x sehari).
Kolitis Ulseratif fistula. Kolitis ulseratif merupakan penyakit Pembagian penyakit Crohn dalam klasifikasi radang kronik usus dan terbtas pada kolon. menjadi peradangan,striktura,dan sub tipe Peradangan bersifat menyeluruh dan terus perforasi dapat memprediksi pengobatan yang menerus pada seluruh bagian tetapi terbatas akan diberikan. pada mukosa.
33 Jurnal Kedokteran Raflesia Vol. 6(2) 2020 A B IV. Pemeriksaan Parasitologi Keterangan : Ga

Comment

You need to be a member of Michael Bolton to add comments!

Join Michael Bolton

© 2024   Created by Michael Bolton Admin.   Powered by

Badges  |  Report an Issue  |  Terms of Service